[Gasal 13-14] Mahasiswa Aktif dan Lebih Berdaya dengan Student Centered Learning

Saya bukan dosen yang selalu asyik untuk mahasiswa saya.  Jam kuliah siang hari adalah jam kuliah yang penuh tantangan. tantangan terbesarnya adalah kantuk sesudah makan siang ;D. Dengan mengajak mahasiswa menjadi lebih aktif dengan sentuhan student centered learning, suasana kelas menjadi lebih hangat dan kantuk mahasiswa maupun saya sebagai dosennya akan sirna.

Berikut ini adalah beberapa foto yang sempat saya ambil ketika mahasiswa sedang berdiskusi dengan kelompok kecilnya untuk menyelesaikan sebuah problem yang saya berikan.

IMG07614-20130917-1407

IMG07617-20130917-1456

Saya mengira, ketika mahasiswa tidak memberikan respon yang memadai atas pertanyaan saya di kelas itu berarti mereka benar-benar hampir tertidur.  Namun dengan sedikit tantangan, mereka bangkit dengan bersemangat menujukkan kemampuan fast-reading dan keterampilan mempresentasikan apa yang telah dipelajari dalam waktu singkat.  Dua foto di bawah ini buktinya. Membanggakan sekali.

IMG07795-20131007-1124

IMG07794-20131007-1124

Saya memang dosen yang mengajar mereka, tapi saya bukanlah satu-satunya sumber informasi dalam proses belajar. Pemahaman dan pengetahuan dapat diperoleh dari teman sekelas.

IMG07618-20130917-1505

 

Leave a Reply

