[PPHB Genap 12-13] Soal Job Order Costing

Dear mahasiswa, silakan kerjakan soal ini bersama dengan kelompok

 

Suatu perusahaan keluarga menjalankan bisnis pembuatan kebaya pengantin dengan sistem pesanan. Setiap pesanan kebaya pengantin biasanya dikerjakan oleh satu orang dengan lama kerja yang berbeda-beda tergantung desain dan tingkat kesulitan pengerjaannya. Biaya overhead adalah untuk pembayaran listrik, telepon, sewa bangunan, penyusutan peralatan dan tenaga kerja tak langsung yang keseluruhannya sebesar Rp 3.000.000,- perbulan. Perusahaan tersebut memiliki 10 orang pengrajin dan 2 orang tenaga kerja tak langsung. Pengrajin dibayar seharinya Rp 70.000,-. Tenaga kerja tak langsung sudah termasuk biaya overhead. Tidak ada biaya administrasi dan pemasaran selain komisi sebesar 10 % dari penjualan bagi perantara dengan pemberi order. Seorang konsumen memesan 3 kebaya pengantin yang pembuatannya masing-masing membutuhkan waktu 8 hari. Bahan langsung kebaya terdiri dari bahan kebaya sutera. Untuk 3 kebaya itu membutuhkan bahan sebanyak Rp 450.000,- Dengan laba bersih yang diinginkan sebesar 30% dari penjualan.

  1. Berapakah biaya manufaktur dengan pembebanan biaya overhead atas dasar jumlah produk, jika dalam satu bulan bisa menghasilkan produk sebanyak 30 produk rata-rata? Hitunglah nilai penjualannya, sesuai dengan laba bersih yang diharapkan.
  2. Berapakah biaya manufaktur dengan pembebanan biaya overhead atas dasar persentase biaya bahan langsung, jika dibutuhkan bahan langsung selama sebulan sebesar Rp 3.000.000,- . Hitunglah nilai penjualannya, sesuai dengan laba bersih yang diharapkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s