[Genap 12-13] Materi Tatap Muka 1 Kuliah Analisis dan Pengukuran Kerja

Dear Mahasiswa, Selamat bergabung di kelas Analisis dan Pengukuran Kerja (APK). Satuan Acara Perkuliahan dan hand out materi Pengantar APK dapat diunduh di sini. Pada pertemuan pertama ini, sebelum masuk ke materi kuliah sesuai SAP, saya ajak teman-teman untuk mengingat dan memahami kembali mengapa kita perlu mempelajari mata kuliah ini di Jurusan Teknik Industri. Sebelumnya, teman-teman dapat mengunduh Pengantar TI 1 dahulu. Berdasarkan  SAP, kita akan belajar mengenai Pengantar Method Engineering  dan Problem Solving. Perhatikan  kasus berikut ini:

Pak Ahmad yang berasal dari kota Malang mempunyai pabrik tempe malang di Jakarta. Proses pembuatan tempe yang dilakukanPak Ahmad adalah seperti berikut ini: Sediakan kedelai 1 kg. Kedelai dipilah-pilah, buang kedelai yang rusak/busuk. Setelah selesai kedelai kemudian direndam semalam. Selanjutnya, buang air rendaman dan kedelai dicuci bersih kemudian rebus sampai mendidih kedelai yang sudah selesai dicuci. Lakukan perendaman kedelai, sekitar 12-24 jam. Setelah itu lakukan pencucian dengan air mengalir. Kemudian, kedelai dikelupas kulitnya sampai bersih. Kedelai yang sudah selesai dikelupas, selanjutnya direbus sampai mendidih. Setelah mendidih, kedelai didinginkan/ditiris. Setelah dingin benar, lakukan peragian, ½  sendok teh ragi untuk 1 kg kedelai Selanjutnya tempe dibungkus, bisa dengan daun pisang atau plastik yang dilubangi dengan paku jarak +- 1 cm. Setelah dibungkus, lakukan proses  fermentasi/pemeraman, 24 jam pertama ditutup rapat, lalu dibuka. Suatu ketika Pak Ahmad menerima beberapa komplain dari pelanggannya bahwa di dalam tempe Pak Ahmad tercampur kerikil kecil. Pelanggan yang lain mengeluhkan bahwa tempe Pak Ahmad beberapa kali terasa asam. Pak Ahmad berencana melakukan analisis terhadap masalah yang dikeluhkan pelanggannya dan berupaya memperbaiki kualitas tempe buatannya.

Diskusikan dengan kelompok Anda, untuk menentukan:

  1. Gejala masalah
  2. Inti masalah
  3. Penyebab masalah (gunakan flowchart, fishbone diagram, diagram pareto, dsb)
  4. Alternative solusi
  5. Rencana eksekusi solusi
  6. Rencana evaluasi

Secara garis besar, ada 2 ruang lingkup dalam analisis dan pengukuran kerja; yaitu:

  1. Pengukuran Kerja
  2. Perancangan Kerja.

Gambar 2 di Buku Barnes (halaman 9) menjelaskan dengan sangat rinci mengenai ruang lingkup APK. Untuk lebih memahami ruang lingkup APK ini, saya mengajak teman-teman membuat sebuah tulisan yang mendeskripsikan ruang lingkup APK ini. Link berikut ini juga dapat dibuka dan dipelajari untuk lebih mengetahui lingkup APK:

Hasil diskusi kelompok pada tatap muka pertama ini silakan dikirimkan melalui email ke dms.ti.usakti@gmail.com dengan format nama file dan subject email: GENAP 12-13_APK_NAMA KELOMPOK_JUDUL TUGAS, selambatnya saya terima pada hari Minggu, 17 Maret 2013. Diskusi kelas akan dilaksanakan pada tatap muka kedua yaitu pada hari Kamis 21 Maret 2013. Selamat bekerja dan mempersiapkan presentasi, semoga ilmu ini bisa terserap dengan baik😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s