[PPHB Gasal 12-13] Bahan Diskusi Kuliah PSKE 14 Februari 2013

Dear mahasiswa,

Pada kali ini mari kita belajar mengenai Dasar Biomekanika Kerja , Manual Material Handling dan Risiko Ergonomi.

Biomekanika adalah salah satu kajian ergonomi yang mempelajari tentang mekanika tubuh manusia dalam melakukan aktivitas tertentu.

Biomechanics uses laws of physics and engineering concepts to describe motion undergone by the various body segments and the forces acting on these body parts during normal daily activities.

Biomekanika yang berfokus pada keadaan manusia ketika bekerja disebut dengan istilah occupational biomechanics.

Untuk mempelajari Biomekanika, kita harus mengenal terlebih dahulu Dasar Mekanis Gerakan Tubuh. Maka, silakan Anda bersama dengan kelompok membuat resume yang:

  1. Menjelaskan dasar mekanis tubuh
  2. Menjelaskan prinsip gerakan yang melibatkan gaya dan momen gaya
  3. Menjelaskan nama-nama pergerakan anggota tubuh
  4. Menjelaskan jenis kontraksi otot dan pengaruhnya pada pergerakan
  5. Menjelaskan alat alat untuk mengenali keluhan biomekanik
  6. Menjelaskan model dasar biomekanik

Risiko Ergonomi adalah segala macam risiko yang bisa terjadi, dapat berupa ketidaknyamanan, cedera, sakit, bahkan cacat yang disebabkan cara kerja, tempat kerja yang tidak ergonomis. Risiko ergonomi ini dapat muncul karena kesalahan postur manusia ketika bekerja.

Pada penelitian Ergonomi, dikenal alat yang dinamakan Nordic Body Map Questionnaire sebagai tool studi pendahuluan mengenai keluhan sakit akibat postur. Sedangkan untuk melaksanakan analisis risiko karena postur tubuh ini dikenal berbagai tool untuk mengukur risiko ergonomi akibat kesalahan postur ketika bekerja. Dua di antaranya adalah RULA(Rapid Upper Limb Assessment) dan REBA (Rapid Entire Body Assessment).

Agar lebih memahami mengenai penilaian risiko ergonomi dengan menggunakan Nordic Body Map, RULA dan REBA, masing-masing kelompok di kelas silakan mencari objek pekerja yang dinilai melakukan postur yang tidak alami ketika bekerja (lihat contoh di bawah ini), dan coba lakukan analisis ririko posturnya dengan menggunakan  tools tersebut.

CONTOH POSTUR YANG TIDAK ALAMI KETIKA BEKERJA

CONTOH  POSTUR YANG TIDAK ALAMI (2)

Risiko Ergonomi banyak terjadi pada aktifitas yang dominan dilakukan secara manual (dilakukan oleh manusia). Terutamanya adalah kegiatan perpindahan material atau manual material handling.

Anda dapat mengunduh artikel berikut ini: NIOSH REVISED LIFTING INDEX 1994-110 untuk mempelajari bagaimana menghitung risiko dari sebuah aktivitas manual material handling.

Sekarang, coba jawab soal berikut ini:

Seorang operator pada departemen packaging di sebuah pabrik harus memindahkan beban secara manual dari conveyor setinggi 60cm ke alat material handling setinggi 75 cm dengan frekuensi pemindahan sebanyak 4 kali per menit selama 4 jam. Ketika mengambil beban operator akan membungkuk sehingga jarak tangan pada beban ke titik pusat adalah 25cm . Sudut asimetris diketahui sebesar 400 . Hitunglah Lifting Index (LI) / RWL apakah tingkat/level pengangkatan ini berbahaya ?

Sebagai tambahan referensi, Anda dapat mengunduh BIOMEKANIKA (Postur dan MSD)REBA,RULA, NORDIC BODY MAP dan MANUAL MATERIAL HANDLING

 

Laporan hasil diskusi silakan dikirim ke email dms.ti.usakti@gmail.com hari ini 14 Februari 2013 selambatnya jam 14.00. Nama file dan subject email adalah PPHB Gasal 12-13_n0 kelompok_BIOMEKANIKA.

Selamat Belajar, Teman-teman…

-DMS-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s